BERITA TEKNO | HARGA LAPTOP & HP

Pengertian Android, Kelebihan dan Kekurangan Andorid, Apa itu Android, Sejarah Android

Pengertian Android, Kelebihan dan Kekurangan Andorid, Apa itu Android : Pasti sudah banyak yang tahu apa itu operating sistem android, akan tetapi bila ada beberapa dari anda yang masih belum tahu apa itu sistem operasi android tenang saja, disini saya akan memberikan ulasan singkat mengenai apa itu android, berikut kelebihan dan kekurangan dari android.

Apa si Android Itu???

Mungkin masih banyak dari teman-teman yang bertanya apa si itu Android? seperti apa si Android itu?? baik, tidak usah panjang lebar lagi, saya akan segera memberikan penjelasan mengenai pengertian dari Android itu sendiri.

Pengertian Android, Kelebihan dan Kekurangan Andorid, Apa itu Android

Mengenai android itu sendiri, sudah sejak awal sang perancang telah memasangkan pada perangkat mobile touchscreen seperti komputer tablet atau smartphone.

Jadi Android ialah sistem operasi yang berjalan pada smartphone untuk saat ini dan juga menyesuaikan untuk kelas bawah sampai dengan kelas atas. Hampir semua pencipta smartphone atau Handphone mengintegrasikan sistem operasi Android ini untuk mengisi pada bagian sistem operasinya, dikarenakan memang peminat dan pengagumnya yang telah berkembang sangat pesat.

Seiring dengan jaman yang kian berkembang, serta kesibukan dan kemacetan apalagi khususnya di ibukota Jakarta, maka tidak salah lagi bila kita perlu memiliki alat canggih yang bisa memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari, yaitu maka dengan bersegeralah anda menggunakan perangkat seperti HP atau smartphone yang telah menggunakan sistem operasi Android ini. Disamping teknologi android ini sudah begitu cepat dalam perkembangannya dan juga memang sangat saya sarankan. hehehe......

Dibawah ini akan segera saya ulas mengenai sejarah, kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Android ini.

Mengenai Sejarah terciptanya Android

Android diciptakan oleh Android.Inc, yang berbasis kernel Linux yang disokong oleh Google Financial untuk bagian permodalannya kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005.

Sebenarnya Android ini sendiri baru diresmikan pada tahun 2007 selaras dengan berdirinya Open Handset Alliance Konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar perangkat selular.

Smartphone pertama yang tersedia untuk publik yang telah menggunakan teknologi Android ini adalah HTC Dream, yang di release pada 22 Oktober 2008, mungkin bagi anda yang belum mengetahui mungkin kiranya akan menduga bahwa Smartphone buatan Samsunglah yang menggunakan teknologi Android ini ya, ternyata semua itu tidak benar, melainkan HTC Dream lah yang pertama menggunakan teknologi Android ini,

Source : Wikipedia


Perkembangan Android


Pengertian Android, Kelebihan dan Kekurangan Andorid, Apa itu Android, Sejarah Android


Patut teman-teman ketahui, ternyata perkembangan Android itu dari awal sampai dengan sekarang sudah mengalami 19 kali perkembangan, Apa sajakah itu??? Silahkan lihat daftar nya dibawah ini ya!!!

  1. Android 1.0
  2. Android 1.1
  3. Android 1.5 Cupcake
  4. Android 1.6 Donut
  5. Android 2.0 Eclair
  6. Android 2.0.1 Eclair
  7. Android 2.1 Eclair
  8. Android 2.2-2.2.3 Froyo
  9. Android 2.3-2.3.2 Gingerbreead
  10. Android 2.3.3-2.3.7 Gingerbread
  11. Android 3.0 Honeycomb
  12. Android 3.1 Honeycomb
  13. Android 3.2 Honeycomb
  14. Android 4.0-4.0.2 Ice Cream Sandwich
  15. Android 4.0.3-4.0.4 Ice Cream Sandwich
  16. Android 4.1 Jelly Bean
  17. Android 4.2 Jelly Bean
  18. Android 4.3 Jelly Bean
  19. Android 4.4 Kitkat
Source : Wikipedia

Dan yang saat ini sedang ramai dari Android ialah, sudah bisa terpasangnya aplikasi BBM pada Android itu sendiri. Memang bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika Android ini bisa menguasai pasar ponsel atau smartphone yang ada di dunia ini, karena memang disamping banyak sekali keunggulan serta kenyamanan dari OS Android ini dan didukung pula oleh developer yang terus mengembangkan dan menyempurnakan pada hal kinerja dan performa yang maksimal. Apalagi kan memang Google Inc. lah dalang dari penyebab Boomingnya Android ini.


Kelebihan Android


Sepertinya memang sudah yang banyak mengetahui keunggulan dari Android, tapi kan tidak salah juga jika disini saya akan memberikan penyegaran tentang kelebihan dari OS Android ini, baik tidak akan panjang lebar lagi keunggulannya yaitu diantaranya :

  1. User Friendly : kata-kata seperti ini memang sangat melekat pada kita yang dulu sering menggunakan komputer berbasis Windows yang diciptakan oleh perusahaan Microsoft,  bagaimana tidak, kita bisa begitu cepat bisa mengoperasikan komputer dengan belajar beberapa jam saja, dan kata-kata ini pun sekarang telah melekat pada para pengguna OS Android.
  2. Notofications : Anda akan sangat mudah bisa mendapatkan notifikasi dari Android dengan mengaktifkan feature Email, Voice Dial, SMS, update dan lain sebagainya.
  3. Open Source :  Sistem Operasi ini memang diciptakan open source oleh penciptanya, disamping memang memiliki basic kernel linux dan agar banyak orang yang bisa memberikan ide dan gagasan supaya Android bisa tetap berkembang lebih canggih dan nyaman.
  4. Tampilan : Dari sisi tampilan Android tidak kalah kerennya dengan OS (Operating Sistem) iOS milik Apple, karena memang sejak awal Android diciptakan mendekati teknologi iOS, hanya saja ini versi low pricenya (versi murahnya).
  5. Aplikasi :  untuk aplikasi OS Android ini anda tidak perlu risau, karena telah banyak sekali aplikasi Android ini yang anda bisa download secara gratis maupun berbayar dari Google Play, disana banyak sekali pilihan Aplikasi yang anda butuhkan.
  6. Dan Lain Sebagainya : Dan masih sangat banyak sekali keunggulan dari OS Android ini, lain waktu akan saya berikan penjelasan lebih luas mengenai kelebihan dari OS Android ini. Saran saya anda bisa mempelajari sendiri bagaimana cara mengembangkan OS ini karena OS Android ini memiliki sifat User Friendly dan Open Source.

Kelemahan Atau Kekurangan dari Android


Kalau boleh saya jujur, sebenarnya hampir tidak ada kekurangan dari OS Android ini, akan tetapi bila kita melihat secara detail dari sisi kekurangannya memang ada, hanya saja masih dibilang (masih bisa dimaklum atau wajar saja). Berikut ini akan saya jelaskan kekurangan dari OS Android ini menurut versi saya yang memang pengguna Android juga.


  1. Update System : Memang agar kita bisa update system tidaklah mudah, kita harus menunggu dari masing-masing Vendor untuk merelease versi yang terbarunya.Tentu saja ini sangatlah tidak menyenangkan, karena kita tidak bisa kapan saja bisa mengupdate dari OS ini,
  2. Boros Batterai : Hal seperti ini sangatlah sering terjadi apalagi jika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget serta membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan, trik untuk mengatasinya ialah dengan cara anda bisa meminimalkan penggunaan aplikasi dari Smartphone Anda, atau bisa digunakan secara bergantian atau tidak secara bersamaan.
  3. Lag atau Lemot : Memang untuk Lag atau Lemot ini sangatlah berpengaruh dengan spesifikasi dari Smartphone anda sendiri, akan tetapi memang ada kalanya, walaupung kita telah menggunakan type smartphone yang high-end, masih saja terjadi lag atau lemot, hal ini disebabkan Spesifikasi Ram atau Processor tidak sesuai dengan Spesifikasi dari Aplikasi Android yang kita pasangkan. Selebihnya si harusnya berjalan normal dan lancar.
Cukup sekian pembahasan mengenai seputar Android dari saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman pembaca, tapi saya akan terus membahas informasi seputar dunia Android, jadi tenang saja ya teman-teman pembaca setia sekalian.

Terima kasih, sampai jumpa kembali pada artikel-artikel saya selanjutnya, wassalam.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Android, Kelebihan dan Kekurangan Andorid, Apa itu Android, Sejarah Android"

Post a Comment